Staycation Sukabumi, Sparks Forest Adventure

Halo sahabat staycation kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman staycation di Sparks Forest Adventure Sukabumi. Berjarak sekitar 92Km dari Jakarta, Sparks Forest Adventure bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi

Tapi pengalaman kali ini berbeda, saya dan teman-teman Traveling With Juan, Pinktravlogue, Turis Sendal Jepit, dan Lenny Diary menggunakan transportasi umum untuk menuju ke Sukabumi.

Dari berbagi arah di Kota Jakarta, saya dan teman-temen menggunakan KRL untuk berkumpul dan bertemu di Stasiun Bogor.

Kami berkumpul di Stasiun Bogor Pukul 09.30 dan mencharter angkot dengan harga Rp. 200.000 untuk 4 orang. Jadi kalau dihitung kami mengeluarkan Rp. 50.000/orang ditambah tips Rp. 25.000 untuk driver.

Tapi ditengah perjalanan kami memiliki masalah, karena angkot mogok tidak kuat melewati tanjakan ditengah perjalanan.

Photo by Lenny Diary

Perjalanan ditempuh kurang lebih 2,5 Jam, kita tiba di Sparks Forest Adventure sekitar Pukul 12.00 WIB

Sparks Forest Adventure Sukabumi

Shuttle (wara-wiri)

Buat yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, Sparks Forest Adventure menyediakan kendaraan shuttle wara-wiri untuk membawa para tamunya dari gerbang masuk utama ke lobby, lapangan parkir, kamar hotel, glamping, camp house, camp resto, birdpark, dan waterpark.

Menilik Camphouse

Camphose memiliki luas 185 m² dengan kapasitas maksimal 16 pax. Tetapi layanan yang diberikan untuk sarapan maksimal hanya 12 pax. Camphouse sangat cocok untuk acara gathering keluarga atau perusahaan.

Jadi kalau mau bikin acara 12 s/d 16 orang, saya sarankan memilih camphouse untuk acara bersama keluarga atau teman-teman

3 Bedroom Tree Houses

3 Bedroom tree houses memiliki luas kamar total 25 m² dengan total maksimal hingga 7 Pax. Tipe ini memiliki 2 kamar tidur ukuran king size dan 1 kamar tidur ukuran single 3 beds.

Tree House Studio

Tree House Studio memiliki luas kamar 40 m², dan saya dan teman-teman berkesempatan untuk stay di room type tersebut. Kamar ini memiliki tipe tempat tidur King Bed. Dengan kapasitas 2 orang dewasa dan 2 orang anak dengan atau tanpa extra bed ( dikenakan biaya tambahan )

Glamour Glamping

Selain Tree House Studio, saya juga berkesempatan bermalam di Glamour Glamping. Model penginapan unik ini berupa tenda dengan luas 20 m². Kapasitas maksimal 2 orang dewasa dan 2 orang anak dengan atau tanpa extra bed. Yang menjadikan berbeda adalah untuk tipe ini tidak tersedia kamar mandi didalam camp. Untuk MCK ada kamar mandi bersama yang terletak di satu area.

Camp Resto

Makan malam yang disediakan hari pertama saat menginap dibuat dari hasil budidaya ikan dan kebun di Sparks Forest Adventure.

Menu yang sangat saya suka adalah soto nagrak, kuah soto yang hangat dan gurih cocok banget dihidangkan saat cuaca di Sukabumi mulai dingin.

Selain soto nagrak, saya juga mencoba ikan bawal air tawar. Sebenarnya saya tidak suka dengan ikan bawal air tawar, karena biasanya agak berbau lumpur. Tapi karena perawatan dan kualitas air yang baik di Sparks Forest Adventure, tidak ada bau lumpur sama sekali dan rasanya gurih dan nikmat.

Menu tambahan lainya adalah bawal air tawar goreng, cah kangkung dan rica-rica ayam. Dengan menu penutup roti bakar isi kelapa muda dan avocado.

Atraksi Lampu Yang Indah

Selepas makan malam, kami disuguhi pemandangan malam yang sangat indah. Lampu-lampu yang menghiasi area Sparks Forest Adventure sangat indah. Lampu-lampu itu didesign oleh mereka dengan konsultasi spesialis lighting dan membuat pemandangan malam hari di Sparks Forest Adventure sangat Indah.

Aktifitas Birdpark

Aktifitas birdpark boleh dinikmati pengunjung yang datang menginap ataupun tidak menginap di Sparks Forest Adventure. Saat ini ada banyak jenis burung yang ada didalam sangkar raksasa tersebut. Rencananya akan ditambah hingga 400 ekor burung dari beberapa jenis yang bisa beradaptasi dilingkungan birdpark tersebut.

Harga tiket masuk birdpark adalah Rp. 20.000 dan Rp. 10.000 untuk memberi makan burung, biar atraksi berfoto lebih seru pastinya.

Outbond

Aktifitas yang tidak kalah seru saat menginap di Sparks Forest Adventure adalah outbond. Outbond yang bisa kamu ikuti adalah permainan tali tinggi untuk anak-anak ataupun untuk dewasa.

Aktifitas yang tidak kalah seru adalah flying fox, tapi sayang saya tidak bisa menikmatinya. Karena untuk bisa ikut permainan ini berat badan maksimal yang diperbolehkan saat ini maksimal hanya 70Kg.

Makan Siang Nasi Liwet

Nasi Liwet

Sebelum melanjutkan aktifitas selanjutnya, saya dan teman-teman bersantap makan siang dengan nasi liwet. Nasi liwet yang disajikan rasanya sangat enak dan pas untuk dinikmati bersama siang hari setelah beraktifitas.

Waterpark

Terakhir saya mencoba atraksi permainan di waterpark. Atraksi yang ditawarkan di area waterpark juga sangat lengkap. Seperti meluncur dari ketinggian, corong raksasa, air tumpah, dll.

Tiket masuk waterpark saat ini adalah Rp. 50.000 di akhir pekan dan hari libur, atau Rp. 35.000 di hari kerja.

Informasi dan pemesanan

Untuk biaya menginap harganya bisa langsung cek di https://sparksforestadventure.com/ atau OTA yang sudah bekerjasama dengan Sparks Forest Adventure seperti traveloka dan tiket.com