Kangen ke Dufan Lagi Setelah Pandemi

Sebelum saya memulai ceritaku mengenai jalan-jalan ke dufan saat PSBB transisi yuk dengerin theme song dufan yang telah dirilis sejak tahun 1985 berikut ini.

Memasuki Dunia Fantasi

Kapan pertama kali saya ke Dufan atau dunia fantasi? Pertama kali ke adalah saat saya masih duduk dibangku SMP, itu sudah lama banget pokoknya hehehe ( nggak perlu sebut tahunya ya…)

Saat itu saya benar-benar memasuki dunia fantasy. Menikmati berbagai wahana yang sangat luar biasa seperti kora-kora, alap-alap, gajah bledug, dan halilintar. Rasanya sangat luar biasa mendebarkan.

Saat itu memasuki dunia fantasi bagi saya adalah sangat istimewa. Pergi ke dufan bagi saya masih dapat dihitung dengan hitungan jari seumur hidup. Bahkan memiliki kartu annual pass juga saya hanya pergi 1 atau 2 kali dalam setahun.

Terakhir saya membuat Annual Pass adalah tahun 2019 dan itupun pertama kalinya memiliki annual pass. Dengan memiliki annual pass saya bebas keluar masuk dufan berkali-kali selama 1 tahun penuh. Tapi hal itu tidak mungkin dilakukan karena rutinitas dan tidak mungkin juga bagi saya menaiki wahana di dunia fantasi terlalu sering.

Paling tidak masuk 2 s/d 3 kali dalam setahun udah cukup. Tapi waktu itu saya baru sempat mencobanya 1 kali dan ingin mencoba kesempatan berikutnya. Tapi keadaan berkata lain awal 2020 wabah virus corona memasuki Indonesia dan berstatus pandemi.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai aktiftas ekonomi lumpuh. Salah satunya adalah industri pariwisata dan Dufan termasuk didalamnya dan terkena imbasnya. Karena bermain di area dufan saat itu benar-benar berisiko tertular virus corona yang berbahaya.

Ancol menutup pengoperasianya pertengahan bulan Maret 2020, tidak luput dufan yang ada didalamnya otomatis tidak membuka wahananya bagi pengunjung. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Berlangsung hingga Agustus 2020 Ancol kembali dibuka terbatas hanya untuk pemegang KTP DKI.

Selang kurang lebih 2 bulan kemudian, Ancol memperluas batasan akses memasuki kawasan tersebut per 12 Oktober 2020. Dimana pemegang KTP DKI ataupun non DKI bisa kembali memasuki Ancol termasuk Dunia Fantasi.

Protokol Kesehatan

Hal yang perlu sahabat lakukan saat mengunjungi dufan dimasa transisi PSBB ini adalah mematuhi anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

Ancol atau Dufan juga membatasi jumlah kunjungan perharinya dengan cara mewajibkan setiap pengunjung melakukan pendaftaran sebelum kedatangan ke Ancol atau memasuki Dufan.

Caranya adalah dengan mengunjungi link https://reservasi.ancol.com silakan pilih tujuan wisata yang ingin anda kunjungi disana, dengan memasukkan barcode pembelian tiket masuk ke Ancol dan Dufan.

Jika sahabat tidak melakukan reservasi dan langsung datang, dikhawatirkan kapasitas maksimum sudah terpenuhi dan sahabat tidak diperkenankan masuk.

Hal yang harus sahabat patuhi selama diancol adalah 3M, Mencuci Tangan Secara Berkala, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

Setiap wahana yang ingin sahabat naiki harus diberi jarak dengan cara mengkosongkan seat disebelah sahabat untuk mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

Wahana yang beroperasi sementara adalah wahana luar ruangan. Untuk sementara wahana dalam ruangan tidak dapat beroperasi untuk alasan keselamatan pengunjung.

Sudah siap kembali ke Dunia Fantasi? Senang Selamat Bareng Bareng.

Leave a Reply

%d bloggers like this: