Muter Dikit ke Belakang ada Gunung Tidar

Ini adalah kesekian kalinya saya pergi ke Magelang. Tapi saya ke Magelang masih bisa dihitung dengan jari kalau sudah berapa kali saya pergi ke Magelang. Ada yang sangat saya suka cerita dari kota Magelang salah satunya adalah Obyek wisata gunung Tidar.

Gunung Tidar dari Front One Resort Magelang

Kebetulan waktu itu saya menginap di Trio Front one Magelang. Hotel ini merupakan city resort yang lokasinya cukup strategis. Kenapa lokasinya strategis, riset ini berada di tengah kota Magelang. Di seberang hotel ini terdapat mall terbesar di Magelang namanya artos mall.

Selain itu akses ke pusat kota hanya memakan waktu sekitar 5 menit. Jadi menginap di hotel ini sangat saya rekomendasikan. Kebetulan saya menginap di tipe kamar suite dengan pemandangan kolam renang. Kamar yang disediakan cukup luas dan nyaman. Karena ini merupakan bangunan baru saya sedikit mencium bau semen sehingga membuat tenggorokan saya sakit. Bukan masalah hotel ini tidak bersih tapi memang masih cukup baru jadi wajar saja.

Hal lain yang saya suka ketika menginap di hotel ini adalah fasilitas kolam renang. Kolam renang yang dimiliki hotel ini memiliki ukuran kedalaman standar Olimpiade yaitu Memiliki kedalaman hingga 2 m. Hal yang saya suka dari hotel ini merupakan grup Menejemen Azana hotel. Jadi untuk kualitas pelayanan dan properti cukup terjamin. Dan hal yang sangat saya suka menikmati hidangan di hotel ini yaitu sarapan dan makan siang atau makan malam. Hidangan yang disajikan rasanya juga sangat cocok dengan lidah saya dan saya tanyakan dengan orang lain dia juga merasakan hal yang sama atau kecocokkan menikmati hidangan di hotel ini.

Kembali lagi ke gunung Tidar, di belakang hotel ini persis Tampak pemandangan gunung Tidar. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 503 m di atas permukaan air laut. Jadi untuk menaiki atau mendaki gunung ini tidak memerlukan banyak tenaga. Apalagi sudah disediakan tangga yang terbuat dari semen atau beton untuk mencapai puncak gunung Tidar.

Ketika mencapai puncak gunung Tidar kita akan disambut oleh sebuah pasak. Pasak ini disebut Pakuning pusat tanah Jawa, yang dipercaya oleh penduduk sekitar dari waktu ke waktu merupakan pusat tengah pulau Jawa. Dulunya gunung ini dianggap sangat angker, karena kalau orang masuk gunung ini itu akan mati alias modaar. Maka dari itu gunung ini dinamakan gunung Tidar, singkatan dari mati dan modaar.

Situs makam gunung Tidar

Gunung Tidar merupakan situs makam para Syeh yang berpengaruh untuk penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Maka dari itu biasanya orang ke sini untuk ziarah atau wisata Rohani. Pada masa sebelum Pandemi Corona gunung Tidar dibuka 24 jam. Tapi selama masa Pandemi gunung ini dibuka hanya sampai pukul lima sore.

Dari hotel tempat saya menginap yaitu Front One Resort Magelang, aksesnya Sangat dekat. Tapi saya harus memutar sedikit ke pintu gerbang gunung Tidar. Untuk menuju ke sana tidak membutuhkan waktu yang begitu lama yaitu hanya sekitar 10 min menggunakan mobil.

Jadi kalo kamu menginap di hotel ini jangan lupa ya mampir ke gunung Tidar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: