Enak atau tidak membeli Airasia unlimited pass?

Beberapa hari lalu saya melihat iklan Airasia mempromosikan unlimited pass untuk berpergian menggunakan rute domestik Airasia. Ini adalah penawaran yang sangat FANTASTIS dari Airasia, Kenapa sangat FANTASTIS? Harga yang ditawarkan sangat murah.

Dengan membayar Rp1.500.000,- Kamu boleh pergi ke mana pun ke seluruh Indonesia selama dilayani oleh Airasia. Rute favorit yang sering dipilih oleh para pelancong adalah Jakarta-Bali, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Lombok, Jakarta-Belitung, Jakarta-Medan, Jakarta-Padang, Dan hampir semua rute yang dibuka oleh Airasia adalah rute favorit.

Tentu saja saya membeli unlimited pass tersebut untuk digunakan bebergian kesana-kemari. Tapi ada hal yang juga harus diperhatikan sebelum membeli unlimited pass ini. Selain harganya akan menjadi lebih mahal daripada kita membeli tiket satuan, unlimited pass ini juga tidak bisa digunakan di semua tanggal.

Pada masa Pandemi ini Airasia juga menerapkan social distancing pada penempatan kursi penumpang. Jadi alokasi untuk mendapatkan kursi harga nol Rupiah juga semakin berkurang. Hal ini tentu berpengaruh dengan jumlah alokasi yang disediakan oleh maskapai untuk menyediakan kursi promo tersebut.

Maka dari itu perhatikanlah hal berikut ini:

Apakah Apakah kamu akan menggunakan free pass ini untuk hari biasa atau weekday?

Jika kamu ingin menggunakan atau tidak ada prefrensi tanggal keberangkatan, maka kamu sangat cocok untuk membeli unlimited pass ini. Karena kuota pada akhir pekan atau hari Jumat, Sabtu dan Minggu Jatah seat yang dikeluarkan atau disiapkan untuk menggunakan freepass ini juga sangat terbatas.

Jadi kesimpulannya jika kamu adalah pekerja kantoran yang Hanya mendapatkan libur di akhir pekan saya tidak menyarankan untuk membeli unlimited pass ini kecuali kamu bisa memanfaatkan cuti yang banyak pada hari biasa.

Dan jika kamu adalah seorang pekerja lepas atau Freelancer yang bebas menentukan hari keberangkatan kamu sangat cocok untuk membeli unlimited pass ini untuk berpergian ke manapun keseluruh Indonesia selama dilayani oleh Airasia.

Harga nol Rupiah belum termasuk pajak dan biaya layanan serta asuransi atau IWJR

Harga nol Rupiah yang ditawarkan tidak termasuk biaya pajak yang dibebankan kepada penumpang. Jadi untuk sekali jalan umpamanya Jakarta ke Bali dikenakan pajak sekitar 90.000 Rupiah untuk satu kali jalan. Jadi untuk perjalanan pulang pergi Jakarta ke Bali Anda harus mau kembali menambahkan biaya sebesar 180.000 Rupiah.

Harga yang sering anda lihat di sosial media sebesar Rp.5000 adalah harga pembebasan pajak bandara oleh Angkasapura. Pembebasan biaya pajak bandara tersebut hanya berlaku hingga Desember 2020.

Pembatalan lebih dari 2 segment sengaja No-show akan membatalkan semua tiket yang sudah terbit.

Penumpang diperbolehkan untuk tidak hadir (no-show) hingga 2 (dua) kali. Jika penumpang melampaui jumlah ketidakhadiran yang diperbolehkan, AirAsia berhak untuk membatalkan AirAsia Unlimited Pass, tanpa pertanggungjawaban apapun dari pihak AirAsia.

Di sini sangat jelas jika Anda sampai tiga kali No-show maka Unlimited Pass anda akan hangus, untuk perjalanan berikutnya.

Validitas AirAsia Unlimited Pass

  1. Periode Pembelian: 9 – 15 Nov 2020
  2. Periode Penukaran: 9 Nov 2020 – 16 Mei 2021 (Pemesanan penukaran harus dilakukan setidaknya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan)
  3. Periode Penerbangan: 23 Nov 2020 – 31 Mei 2021
  4. Tanggal pembelian dan penerbangan AirAsia Unlimited Pass berdasarkan pada Waktu Indonesia Barat (WIB) atau (GMT+7).
  5. Periode pembelian dan penerbangan AirAsia Unlimited Pass tidak dapat diperpanjang. Penukaran penerbangan untuk keberangkatan lebih awal atau lebih lambat dari ketentuan periode penerbangan yang berlaku tidak diperbolehkan.
  6. Untuk menghindari keraguan, tidak ada pengembalian dana yang akan diberikan untuk setiap AirAsia Unlimited Pass yang sudah dibeli namun tidak terpakai.
  7. AirAsia Unlimited Pass tersedia untuk penukaran dalam Periode Perjalanan yang ditentukan, kecuali selama tanggal perjalanan embargo berikut Tanggal Perjalanan Embargo a) 23 Des 2020 – 4 Jan 2021 (Libur Sekolah/ Natal/ Tahun Baru) b) 11 Feb 2021 – 15 Feb 2021 (Tahun Baru Imlek) c) 11 Mar 2021 – 15 Mar 2021 (Isra Mikraj dan Nyepi) d) 1 Apr 2021 – 4 Apr 2021 (Wafat Isa Almasih) e) 6 Mei 2021 – 24 Mei 2021 (Idul Fitri)” *Tanggal dan rute perjalanan embargo dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya

Berdasarkan keterangan validitas tersebut Anda tidak bisa membeli tiket pesawat seenaknya. Selain tanggal yang tidak diperbolehkan kadang waktu keberangkatan yang terlalu dekat kurang dari 30 hari Juga tidak akan mendapatkan harga 0 Rupiah atau kemungkinan sangat kecil sekali.

Jadi sebelum pembelian unlimited pass Anda sia-sia, Perhatikan kapan dan bagaimana anda bisa menggunakan tiket pesawat tersebut. Termasuk menghitung jumlah cuti yang harus Anda siapkan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: