Menikmati Cirebon, Nasi Jamblang Fitri

Pertama kali saya mengetahui nasi Jamblang yaitu cuma nasi Jamblang Mang Dul dan Ibu Nur. Sebenarnya selain 2 nasi Jamblang ini ada nasi Jamblang lagi yang lain bukan hanya satu dua atau tiga tapi banyak sekali. Apalagi di sekitar area stasiun di situ banyak sekali penjual nasi Jamblang karena masih Jamblang ini adalah khas dari Cirebon jadi kalo mau makan nasi Jamblang di manapun pasti ada kalau sedang ada di Cirebon.

Yang membedakan hanyalah tempat dan kebersihan aja tapi pada umumnya, nasi Jamblang itu sama aja dibungkus dengan daun jati dengan ditemani sambal Jamblang. Yang paling khas di Cirebon masih Jamlang itu biasanya ditemani dengan otak goreng atau pepes otak. Saya biasanya kalau makan nasi Jamblang itu cuma di temenin oleh telor dadar dan tempe goreng aja itu sudah enak banget. Nggak tahu kenapa nasi yang dibungkus dengan daun jati ini rasanya sangat manis. Rasa karbonnya begitu terasa setelah bercampur dengan makanan lainnya di mulut rasa manisnya begitu keluar menjadikan nasi Jamblang ini rasanya sangat nikmat.

Nasi Jamblang Fitri

Kali ini saya ke Cirebon tidak ingin mencoba nasi Jamblang Mang Dul ataupun Ibu Nur. Kebetulan karena saya menginap di hotel Citra dream Cirebon, dan hotel ini letaknya sangat dekat dengan nasi Jamblang Fitri. Nasi Jamblang Fitri ini letaknya ada di seberang Grage mall arah perempatan lampu merah jalan Kartini. Untuk saat ini nasi Jamblang Fitri buka dari 07.30 malam sampai dengan 12.00 pagi. Para pembeli akan dilayani sendiri oleh ibu Fitri atau kadang jika ibu Fitri sedang tidak bisa menemani pengunjungnya gui layani oleh anak anaknya dan suaminya pastinya. Siapa pun yang melayani tidak mengurangi Citarasa kelezatan nasi Jamblang khas Cirebon dari ibu Fitri ini.

Ibu Fitri Sedang Melayani Para Tamunya

Nasi Jamblang Fitri ini dasarnya itu rasanya enak ya. Nasinya berasa Pulen dan berasa manis ketika masuk ke mulut apalagi bercampur dengan lauk Pauk yang sangat nikmat dan lezat. Tapi saya agak merasa aneh di sini ya karena bisa dibilang menunya dan masakannya itu cukup mahal. Karena saya hanya memesan dua nasi Jamblang satu sambal Jamblang, Dua tusuk sate kerang, dan dua potong tempe goreng. Iya mungkin karena ada kerang jadi agak sedikit mahal ya total saya mengabiskan 20000 untuk dua bungkus nasi jamblang. Dua bungkus nasi Jamblang ini tentu tidak terlalu banyak karena satu bungkus nasi Jamblang itu hanya se kepal tangan orang dewasa. Jadi dua nasi itu Cukuplah seperti dua centong sayur. Kemudian untuk rasa lauk pauknya itu cukup enak karena saya datang waktu masih sore. Jadi rasanya masih sangat cukup fresh atau segar.

Untuk rasa sate kerang nya juga sangat emak aku sangat suka makanya saya ambil dua tusuk kenapa saya ambil dua tusuk karena ya emang cukup buat besok aja. Karena saya ingin mencoba Citarasa yang lainnya juga yaitu tahu bacem, Tempe goreng yang sangat khas, dan otak sapi goreng. Selain mencoba nasi Jamblang saya juga mencoba tahu Petis yang ada di depan nasi Jamblang Fitri ini. Jadi saya menyiapkan perut saya untuk beberapa menu di nasi Jamblang Fitri dan tahu Petis. Karena saya sangat suka dengan tahu petis.

Aneka Menu Nasi Jamblang Ibu Fitri

Dari berbagai hidangan yang disajikan oleh nasi Jamblang Fitri yang sangat saya rekomendasikan adalah cumicumi, sate kerang, paru goreng, telor bacem, otak goreng, dan tidak ada yang saya lewatkan ternyata semuanya sangat menarik dan sangat lezat untuk dinikmati jadi kalau coba nasi Jamblang ya pilih aja lauk pauknya sesuai selera ya.

Jadi kalau ke Cirebon jangan cuma coba nasi Jamblang mandul atau ibu mur tapi juga jangan lupa cobain Nasi Jamblang Fitri.

Leave a Reply

%d bloggers like this: