Rasa lain Cirebon di Empal Gentong Rasa

Halo sahabat staycation kali ini saya kembali mencoba rasa lain di kota Cirebon yaitu Empal Gentong rasa. Memang banyak pilihan Empal Gentong yang terkenal di kota Cirebon seperti empal gentong Haji Apud. Tapi tahukah sahabat kalo Empal Gentong itu khas dari Cirebon, setahu saya sebuah makanan khas dibikin oleh siapa pun asalkan asli orang daerah tersebut biasanya rasanya akan tetap nikmat.

Sama halnya seperti Empal Gentong, kali ini saya mencoba Empal Gentong rasa yang ada di jalan Tuparev nomor 17 kota Cirebon.

Pintu Masuk Empal Gentong Rasa

Empal Gentong Rasa menyediakan empal sapi dan sate kambing. Untuk empal sapi sahabat bisa memilih empal daging, dan babat. Bisa memilih daging tanpa lemak ataupun dengan lemak, jadi sahabat bisa memilih sesuai selera pilihan daging ya. Untuk menu sate kambing saya tidak sempat mencobanya dan memang sate kambing bukan khas Cirebon. Suasana tempat makan empal gentong rasa juga tidak terlalu ramai tapi tempatnya cukup luas dan bersih. Empal Gentong rasa ini lebih spesial menyajikan tentang tentunya.

Daging Empal Gentong Rasa

Ketika sahabat memilih Empal Gentong rasa yang hanya daging sapi hanya akan diambilkan bagi yang sudah disiapkan dan dipotong potong di samping gentong yang sedang di rebus. Empal Gentong ini dipanaskan juga tidak menggunakan bara api melainkan menggunakan api dari sumber gas. Empal gentong memiliki ciri khas kuah santan dengan bumbu kuning yang sangat Encer tapi rasa rempah-rempah nya tetap berasa kuat dan nikmat.

Empal Gentong Rasa Cirebon

Harga satu porsi Empal Gentong rasa termasuk nasi atau lontong itu berkisar antara 30.000 sampai dengan 40.000 per porsi. Sedangkan saya memilih empal gentong daging tanpa lemak ataupun babat Harganya 35.000 termasuk lontong. Saya tidak membeli nasi karena saya sangat suka Tekstur lontong dari gentong rasa ini. Rasanya sangat enak dan kenyal namun tidak keras. Dan ketika berpadu dengan wah dan daging lontong ini juga rasanya sangat nikmat. Jadi kamu bisa pilih antara nasi atau lontong untuk menemani Empal Gentong ini.

Lontong Menemani Empal Gentong

Seperti pada gambar di atas, lontong yang disajikan juga sangat baik Teksturnya. Tidak terlalu keras tidak terlalu lembek dan matang sempurna. Rasa yang timbul juga sangat nikmat ketika digigit bersama dengan kuah empal gentong dan daging empal gentong. Jadi kamu bisa tetap menikmatinya meskipun hanya dengan lontong. Tapi jika kamu tidak cocok denganmu lontong kamu bisa tetap milih nasi dan rasanya tetap enak dan lezat.

Acar untuk menemani empal gentong

Selain ditemani nasi atau lontong kalian juga harus coba yang namanya Acar Timun untuk menemani Empal Gentong ini. Acara dimulai yang disajikan juga cukup sederhana yaitu cuma timun, garam dan cuka. Tidak ada cabai atau bawang seperti Acer pada umumnya. Jadi cuma ada rasa asam dan renyahnya Timun yang sudah menjadi acar. Tentu hal ini akan menambah kesegaran dalam kenikmatan menikmati Empal Gentong rasa Cirebon.

Irisan Daun Kucai

Selain itu sahabat juga bisa menambahkan irisan daun kucai di atas Empal Gentong. Irisan daun kucai ini akan menimbulkan aroma khas daun kucai yang sedikit berasa agak seperti daun bawang tapi tidak terlalu kuat. Menambah aroma segar ketika menikmati Empal Gentong. Tapi menurut saya tidak ada rasa yang berbeda ketika saya menambahkan daun kucai di atas Empal Gentong ini.

Jadi kalau ke Cirebon menikmati Empal Gentong jangan lupa mencoba mampir di Empal Gentong rasa. Lokasinya juga sangat strategis di pusat kota Cirebon yaitu area sekitar mall terbesar Cirebon yaitu Grage mall. Tepatnya terletak di lampu merah Tuparev dan jalan Kartini Cirebon. Sangat gampang ditemukan ketik saja Empal Gentong rasa di Google maps.

Leave a Reply